Tanoto Foundation Aktif Mendidik Kader Kesehatan di Riau

Harta yang paling berharga bukan uang segudang ataupun emas berlian yang berlimpah. Nyatanya, kesehatan justru merupakan hal paling bernilai bagi manusia. Tanpa tubuh yang sehat hampir dipastikan kehidupan seseorang tidak akan bisa berjalan baik.

Menjaga kesehatan mutlak harus dilakukan semua orang di mana pun, tak terkecuali yang ada di pedalaman. Dengan fasilitas medis minim, mereka juga harus memelihara tubuh supaya kesehatan tetap terjaga.

Hal itulah yang mendasari keseriusan kegiatan Tanoto Foundation dalam melahirkan para kader kesehatan di daerah pedalaman. Yayasan yang dididirikan oleh Sukanto Tanoto ini dengan konsisten memberikan pelatihan kepada masyarakat di sejumlah daerah terpencil untuk melahirkan kader kesehatan di daerahnya.

Salah satunya adalah yang dilaksanakan di Desa Gunung Sari di Provinsi Riau. Tanoto Foundation menggelar pelatihan kader kesehatan untuk desa tersebut di klinik kesehatan di Gunung Sahilan II. Kegiatan Tanoto Foundation ini juga berlangsung berkat kerjasama dengan salah satu perusahaan Sukanto Tanoto.

Di sana sejumlah anggota masyarakat diajari untuk menjadi kader kesehatan. Mereka nantinya berperan untuk membantu menjaga kesehatan di lingkungannya. Bersamaan dengan itu, perusahan Sukanto Tanoto juga menghadirkan bantuan lain seperti paket makanan sehat serta khitan gratis bagi anak dari keluarga kurang mampu.

“Selain menerima bantuan program kesehatan, daerah kami mendapat bantuan untuk pembangunan infrastruktur dan beasiswa untuk anak-anak kita.” kata salah seorang warga Desa Gunung Sari, Nurul.

Bukan hanya masyarakat desa yang merasa terbantu, kegiatan Tanoto Foundation itu juga dirasa berguna bagi pihak klinik kesehatan. Pasalnya, keberadaan kader kesehatan akan bisa membantu menghadirkan kepedulian tentang kesehatan di masyarakat.

“Pelatihan ini sangat penting bagi kader puskesmas untuk mendukung kesejahteraan generasi berikutnya di daerah ini. Dengan dukungan dari Tanoto Foundation, klinik kesehatan ini adalah milik kita. Ini adalah dari kita, oleh kita, dan untuk kita. jadi, kita perlu bekerja sama untuk mengelola klinik ini sehingga kita semua bisa sehat,“ kata Kepala Klinik Kesehatan Gunung Sahilan, dr. Fiska.

Kegiatan Tanoto Foundation yang digelar di Riau ini merupakan salah satu bagian dari aksi peningkatan kualitas hidup. Segi ini merupakan satu dari tiga sektor kegiatan utama yayasan yang didukung penuh oleh keluarga Sukanto Tanoto tersebut.  Dua bidang lainnya pendidikan dan pemberdayaan masyarakat.

Tanoto Foundation konsisten melakukannya karena percaya ketiga hal tersebut menjadi solusi jitu dalam memutus rantai kemiskinan di Indonesia. Dengan pendidikan yang baik, masyarakat yang mandiri dan berdaya, serta kualitas hidup yang baik niscaya semua orang di negeri kita akan mampu terbebas dari kemiskinan. 

Kondisi itulah yang diimpikan oleh keluarga Sukanto Tanoto, Dengan beragam kegiatan Tanoto Foundation, mereka berupaya keras untuk merealisasikannya.
Share on Google Plus

About KerBek Channel

0 komentar:

Catat Ulasan