Tips Agar Baterai Smartphone Android Tahan Lama

Smartphone Berbasis Android. (foto: blanja,com)
Android Lover sering mengeluhkan bahwa baterai smartphonenya cepat habis meskipun berkapasitas besar. Salah satu penyebab borosnya baterai adalah jumlah aplikasi yang berjalan. Selain itu, akses internet dan resolusi layar dapat menyedot daya baterai sehingga tak heran baterai pun cepat habis.

Sebagian orang beranggapan dengan membeli smartphone yang memiliki kapasitas baterai jumbo, permasalahan selesai. Tapi sayangnya, harga yang dibanderol cukup mahal. Lalu bagaimana Tips Singkat Agar Baterai Android Tahan Lama ? Simaklah penjelasan singkatnya di bawah ini.

1. Turunkan Kecerahan Layar 
Agar baterai android tahan lama, sebaiknya kamu mengatur kecerahan layar. Energi yang disedot akan semakin besar dengan semakin terangnya layar. Ubahlah kecerahan layar dari otomatis ke manual agar baterai android tahan lama. 

2. Tutup Aplikasi Yang Tidak Dipakai
Matikan aplikasi yang tidak dipakai adalah salah satu solusi agar baterai tidak cepat habis. Jika kamu pemula, caranya hanya masuk ke menu setting lalu pilih Apps > running service > pilih aplikasi yang tidak dipakai. Aplikasi sosial media menjadi aplikasi yang paling menyedot energi baterai.

3. Matikan Notifikasi
Agar baterai android tahan lama, matikan notifikasinya. Setiap notifikasi yang tidak penting dari aplikasi biasanya terhubung dengan internet. Untuk mematikan notifikasi, kamu tinggal masuk ke menu setting > pilih Apps > pilih aplikasi yang tidak ingin ditampilkan notifikasinya dengan menghilangkan tanda centang pada “Show Notification”

4. Tidak Menggunakan Live Wallpaper
Banyak orang yang menggunakan live wallpaper agar tampilannya terlihat lebih cantik. Namun, wallpaper seperti itu akan membuat baterai cepat habis. Agar baterai android tahan lama, sebaiknya menggunakan wallpaper yang tidak bergerak. Mengurangi pemakaian widget yang tidak penting juga bisa jadi solusi agar baterai android kamu tahan lama. 

5. Matikan wifi atau paket data
Tips singkat agar baterai android tahan lama yang terakhir adalah mematikan wifi atau paket data. Saat di Luar Ruangan, smartphone kamu akan mencari konektivitas wifi terdekat sehingga otomatis akan mengurangi daya baterai. Paket data internet juga sebaiknya dimatikan saat kamu tidak menggunakannya. Namun, jika dibandingkan antara jaringan wifi dengan jaringan 4G atau 3G, menggunakan jaringan wifi lebih irit terhadap daya baterai.

Gunakanlah smartphone android kamu dengan baik dan sesuai kebutuhan agar daya baterainya lebih tahan lama. Jangan sampai daya baterai habis saat ada kebutuhan yang penting. Kamu bisa mencoba lihat-lihat gadget atau baterai smartphone android di blanja.com dan dapatkan promo valentine, kali aja ada diskon atau voucher belanja. Happy Shopping. Semoga Bermanfaat. 
Share on Google Plus

About ibnu Amr

0 komentar:

Catat Ulasan