Cara Menjaga Mesin Cuci Piring Agar Tetap Bersih dan Higienis

Walaupun belum ramai digunakan di Indonesia, tapi mesin cuci piring mulai banyak peminatnya. Sebab, alat elektronik ini bisa membantu untuk mencuci piring dalam jumlah banyak yang praktis dan hemat waktu. Tentu memudahkan pekerjaan para ibu rumah tangga yang biasanya berlama-lama di dapur hanya untuk mencuci piring. Dengan adanya alat ini tentu pekerjaan menjadi berkurang tanpa mengurangi kebersihan dan kehigienisan piring atau peralatan lainnya. 

Mencuci piring menggunakan mesin sama efektifnya bila dicuci menggunakan tangan. Meskipun begitu, mesin cuci piring harus terjaga kebersihannya dan jangan biarkan terkontaminasi dengan kotoran yang berasal dari sisa makanan. Sebab, bisa mempengaruhi kesehatan keluarga, mengingat piring merupakan tempat dari makanan yang akan kita konsumsi. Untuk itu, Anda perlu tahu cara menjaga kebersihan mesin cuci piring, berikut langkahnya!

Inilah Cara Menjaga Mesin Cuci Piring, Berikut beberapa tips untuk menjaga kebersihan mesin pencuci piring yang tepat:
  • Pertama, kosongkan mesin cuci piring Anda. 
  • Tariklah keluar arak-rak pencuci piring. Carilah lubang keluaran airnya dan ambil kain bersih untuk mengelap dan membersihkan bagian tersebut. 
  • Lepaskan penyaring airnya yang terdapat di bagian dalam mescin cuci piring. Tuangkan air bersih dan bersihkan menggunakan lap bersih yang sudah diberikan sunlight anti bakteri. 
  • Taruhlah secangkir cuka ke dispenser pada mesin pencuci piring dan letakkan piring yang berisi baking soda di rak paling atas mesin. 
  • Kemudian, jalankan mesin cuci piring dan tunggu beberapa menit, biarkan kombinasi cuka dan baking soda berfungsi. Perlu Anda ketahui bawah cuka merupakan cairan antibakteri alami yang bisa dipakai untuk semua jenis peralatan rumah tangga. Sementara baking soda bisa melunakkan kerak maupun kotoran yang mengendap di mesin. 
  • Setelah selesai dijalankan, buka mesin cuci piring dan bersihkan menggunakan lap semua bagiannya. Ingat, gunakan kain atau spon bersih untuk mengelapnya.
  • Bilas dengan air mengalir dan bersih

Mesin Cuci Piring. (foto: mksping.com)
Sekarang, praktikkan cara membersihkan mesin cuci piring diatas pada mesin Anda di rumah. Supaya piring-piring dan peralatan lainnya tetap bersih dan higienis meski tidak dicuci menggunakan tangan. Dengan begitu, Anda tidak khawatir lagi akan kesehatan keluarga Anda. Jangan lupa untuk menuangkan sabun cuci piring seperti sunlight untuk membersihkan lemak, kotoran dan menghilangkan bau. Dan yang paling penting adalah sunlight mengandung antibakteri yang bisa membunuh bakteri dalam mesin cuci piring. 

Share on Google Plus

About KerBek Channel

0 komentar:

Catat Ulasan