Resep Diet Rendah Garam Untuk Mencegah Penyakit Jantung

Resep diet rendah garam itu penting untuk menjalankan pola hidup sehat. Konsumsi garam yang tinggi bisa membuat seseorang terkena penyakit darah tinggi atau hipertensi. Jika sudah mengidap hipertensi, maka kemungkinan bisa menderita penyakit jantung atau stroke. Tak heran kalau sekarang ini makin banyak orang terkena penyakit jantung, tak hanya mereka yang tua saja, tapi juga yang muda. 

Salah satu usaha untuk menurunkan tekanan darah tinggi adalah melakukan diet rendah garam. Sebab, di dalam garam terkandung natrium. Natrium dalam jumlah ini sebenarnya diperlukan oleh tubuh untuk mengontrol tekanan darah. Namun, jika jumlahnya berlebih dapat membahayakan tubuh. Kebutuhan manusia dalam kondisi normal akan natrium sebesar 2300 mg atau setara dengan 1 sdt setiap hari.
Ilustrasi. (foto: kiatsehat.net)
Sedangkan kebanyakan manusia mengkonsumsi makanan yang kadar natriumnya lebih banyak dibandingkan batas konsumsi. Alangkah baiknya, mulai sekarang kita mempunyai resep diet rendah garam untuk mencegah berbagai penyakit mematikan. Mengurangi asupan natrium merupakan langkah yang tepat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, ketahuilah makanan yang rendah garam.

Inilah Resep Diet Rendah Garam
Ada beberapa pilihan makanan yang bisa Anda konsumsi sehari-hari untuk membantu diet rendah garam Anda, antara lain :
• Roti gandum
• Sereal atau oatmeal yang berbahan gandum dan dimasak menggunakan sedikit garam. 
• Buah dan sayuran segar dan direndam didalam air garam
• Kacang-kacangan segar tanpa garam
• Ikan dan daging segar bukan yang kalengan 
• Sup dari kaldu murni tanpa tambahan garam
• Yoghurt, keju dan susu yang rendah sodium

Rempah-rempah atau bumbu alami
Untuk memasak bahan makanan, sebaiknya Anda menggunakan kecap rendah garam dan air lemon sebagai penyedap rasa. Resep diet rendah garam lainnya adalah harus bisa menahan diri untuk tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak garam. Kurangi makan ikan asin, kacang asin dan makanan asin lainnya. Batasi penggunaan garam saat memasak. Kalau sedang makan di luar rumah, mintalah agar menggunakan sedikit garam bagi makanan yang Anda pesan. 

Jangan terlalu banyak mengkonsumsi saus karena di dalamnya mengandung kadar natrium tinggi. Usahakanlah untuk berbelanja ikan segar yang belum diawetkan. Umumnya dalam proses pengawetan mereka menambahkan banyak garam supaya ikan tetap segar. Anda mesti menjadi konsumen cerdas dan belanjalah dengan bijak. Ikuti resep diet rendah garam untuk hidup lebih sehat.
Share on Google Plus

About KerBek Channel

0 komentar:

Catat Ulasan