8 Tips Hasilkan Foto Bagus dan Sempurna Menurut Fotografer Handal

Saat liburan, pasti semua orang ingin menghasilkan foto yang bagus sebagai kenang-kenangan. Namun mendapatkan foto yang bagus itu tidak mudah, apalagi untuk kamu yang tidak punya kemampuan fotografi. 
8 Tips Hasilkan Foto Bagus dan Sempurna Menurut Fotografer Handal
Ilustrasi
Berdasarkan informasi yang dikutip dari Foxnews, Avery Meyers, fotografer asal Amerika Serikat memberikan delapan tips untuk mengambil foto liburan agar bagus dan sempurna. 

1. Sediakan beberapa memory card
Fotografer wanita asal Amerika Serikat Avery ini merekomendasikan untuk membawa memori card ekstra. Ia memindahkan foto-fotonya ke laptop sesaat setelah ia selesai memotret lalu memformat kartu memorinya. 

Memformat memori merupakan hal yang penting karena kualitas kartu memori menurun jika sudah dipakai berkali-kali. Ada kemungkinan foto kita “terjebak” di sana dan tidak bisa terbaca. Jadi, sebaiknya selalu back-up foto yang sudah diambil. Gimana kamu sudah mempraktekkan tips yang ini belum?

2. Tidak perlu tas kamera
Menurut fotografer yang memamerkan karyanya di website averymeyers.com ini ini membawa tas kamera ke destinasi wisata itu seperti memberikan tanda kepada pencuri untuk mencuri kamera milik kamu.

Avery lebih memilih untuk membawa tas kanvas.  Selain aman, tas kanvas itu juga memudahkan ia memasukkan dan mengeluarkan kamera. Di pesawat, Avery meletakkan kameranya di camera case yang mudah dibawa dan membawa tas neoprene untuk melindungi lensanya.

3. Nikmati waktumu
Kamu termasuk seseorang yang mengambil foto dengan cepat dan sebanyak mungkin, lalu memilih yang terbaik di rumah? Jika iya, menurut Avery cara tersebut kurang tepat.

Menurut Avery, cara terbaik untuk menghasilkan foto bagus adalah dengan melakukan yang sebaliknya. 

Avery biasanya memperhatikan dengan baik obyek yang akan difoto lalu menunggu sampai mendapat momen terbaik. Jika sudah mendapatkannya, barulah Avery mulai membidiknya.


4. Selalu bawa baterai cadangan
Jangan pernah keluar berlibur tanpa membawa baterai cadangan dengan isi yang penuh.

Jika kamu lupa, pasti kamu akan kesal karena saat kamu bersiap-siap mengambil gambar, lalu kamera kamu mati. Nah, pastinya kamu telah kehilangan momen yang bagus dan berharga. 

5. Improvisasi itu penting!
Kamu wajib improvisasi, misalkan jika ada silau di objek foto kita, maka kamu bisa gunakan tangan untuk melindungi bagian depan lensa kamera. 

Avery menyarankan, kamu bisa membawa beberapa benda-benda tambahan yang tanpa kamu sadari bisa berguna, seperti karet,  tas risleting, dan handuk untuk melindungi kamera jika kelembaban di lokasi liburan meningkat.

6. Jangan malas, bangun lebih awal
Avery selalu memaksa dirinya untuk bangun lebih pagi. Hal tersebut dia lakukan untuk menghindari ramainya orang di tempat wisata yang ingin dipotretnya. Dengan begitu, fotografer cantik ini bisa mendapatkan foto pemandangan tanpa ada orang yang tertangkap di foto itu.

7. Ambil foto close-up
Kamu bisa mengambil gambar clos-up dan berada sedekat mungkin dengan obyek dan fokus terhadapnya jika kamu berada di sekitar wisatawan lainnya. 

8. Melihat gambar yang lebih besar
Begitu sampai di rumah, kita pasti ingin melihat hasil foto-foto kita. Beberapa ada yang bagus, tapi ada juga yang tidak. 

Menurut Avery, hal penting dari foto liburan adalah gambar tersebut nantinya bisa membangkitkan kenangan kita saat di sana.  Untuk itu, jangan terlalu keras pada diri sendiri untuk mengambil foto yang sangat bagus ketika berwisata. Yang paling penting, jangan lupa berlatih terus.

Nah, kalau kamu sudah punya foto yang bagus jangan keseringan pamer foto di media sosial juga ya.
Berdasarkan berita di thisisinsider yang dikutip dari situs yang menghadirkan harga hotel murah di Yogyakarta, Bandung, Bali, serta destinasi lainnya, Reservasi.com ada sebuah studi baru-baru ini dilakukan oleh perusahaan asuransi di Amerika Serikat. Dari hasil survei yang melibatkan 2000 orang tersebut sekitar 73% orang merasa terganggu dengan banjir unggahan foto liburan orang-orang di sosial media.

Menurut mereka, “hot dog legs on the beach” alias pamer paha waktu sedang berjemur di pantai itu jadi gambar yang paling ganggu.

Studi ini juga mempertanyakan alasan mengapa banyak orang masih saja sering pamer foto liburan di sosial media padahal tahu kalau itu bisa membuat perasaan tak nyaman. 

Hampir 44% dari mereka beralasan agar keluarga atau sahabat bisa tahu apa yang sedang mereka kerjakan, sementara 21% lagi mengakui kalau mereka ingin pamer. Nah, 10% sisanya jujur mengaku mereka ingin membuat orang lain iri.

Jadi, kamu sebaiknya jangan terlalu sering ya menggungah foto liburan di media sosial. 

Ada informasi tambahan nih, untuk kamu yang ingin booking hotel online di Yogyakarta, dapatkan akomodasi kamu langsung di Reservasi.com saja, karena lagi ada promo hingga Rp1 Juta. Jadi, enggak bikin dompet jebol nih.

Share on Google Plus

About ibnu Amr

0 komentar:

Catat Ulasan