Wisata Low Budget Ke Bali? Bisa Banget!

Bali masih menjadi destinasi wisata favorit bagi turis lokal maupun turis mancanegara. Tidak heran, selalu ada tempat-tempat wisata baru sekaligus didukung fasilitas agar terus bisa menarik perhatian wisatawan. Soal biaya traveling, Bali tergolong universal. Artinya, mau yang murah hingga pelayanan level prima bisa Anda dapatkan di sana. Anda tinggal mempersiapkan budget-nya saja.

Nah, saat menghitung biaya ini-itu dan ternyata budget Anda minim, tenang saja, Anda tetap bisa menikmati Bali seperti yang diinginkan. Berikut tips yang bisa Anda lakukan dalam membuat perjalanan Bali on budget.

Siap-siap jadi backpacker. Bukan berarti Anda harus berdandan lusuh dan tidur di sembarang tempat. Tapi lebih ke esensi backpacker itu sendiri. Di Bali selalu ada tempat baru dan suasana baru yang bisa Anda explore. Tempat wisata yang sudah dikunjungi banyak orang atau istilahnya populer, rata-rata membebankan biaya yang lebih tinggi dibanding tempat wisata yan belum terkenal. Keuntungan mengunjungi tempat wisata yang belum terkenal dan jarang dikunjungi wisatawan adalah Anda bisa menjelajahi Bali yang sebenarnya dan menemukan sisi lain Bali yang berbeda. Anda bisa meminta tolong pada warga lokal untuk pergi ke tempat-tempat yang jauh dari pengelolaan wisata dan Anda akan lihat wujud asli wisata yang masih dilestarikan dengan budaya orang Bali itu sendiri.

Pilih penginapan yang memang khusus untuk istirahat. Perlu digarisbawahi, penginapan ini berfungsi hanya sebagai tempat Anda menaruh barang bawaan dan istirahat saja. Jika ingin menunjukkan kemewahan penginapan Anda kepada teman-teman dekat Anda, lebih baik urungkan dulu niat Anda untuk on budget. Anggapan orang tentang penginapan-penginapan mahal di Bali  memang benar. Tapi, tidak semuanya. 
Wisata Low Budget Ke Bali? Bisa Banget!
Wisata Low Budget Ke Bali
Masih ada penginapan yang murah meriah dan fasilitasnya juga sudah termasuk standar. Meski penginapannya biasa saja dan tidak ada menunjukkan ‘Bali’ sama sekali, yang penting Anda bisa beristirahat dan bisa menggunakan waktu Anda untuk berkeliling daripada berlama-lama di hotel dan menikmati Bali dari ‘dalam’. Harga yang ditawarkan sangat bervariasi mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 300.000 per malam tergantung musimnya. Selain itu, hotel-hotel murah ini terletak di satu kawasan sehingga Anda tidak perlu repot-repot kesana-kemari mencari penginapan karena bisa dilakukan hanya dengan sekali jalan. Penginapan-penginapan murah ini bisa Anda temukan di Poppies Lane 1 dan 2. 

Supaya bisa dapat penginapan dengan harga terbaik, jangan pesan secara online. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, lebih baik Anda langsung datang ke tempat penginapannya dan melakukan survei sendiri. Lagipula, penginapan murah di Bali banyak yang tidak punya website dan hanya melayani pemesanan manual. Anda bisa minta bantuan local guide untuk memilihkan penginapan. Hanya saja, para pemandu tersebut sudah bekerja sama dengan penginapan dan mereka pasti merekomendasikannya pada Anda. Jadi, tetap selektif, ya.

Gunakan transportasi umum. Di Bali ada namanya Bemo, semacam taxi tradisional yang siap mengantarkan Anda kemana saja. Kekurangan dari transportasi bemo adalah transportasi ini cukup sulit ditemukan dan tidak punya jadwal yang pasti. Tapi, hey, ini bisa jadi petualangan yang seru! Apalagi biayanya juga tergolong murah meriah. Selain bemo, ada pula ojek. Disini, Anda harus bisa melakukan tawar-menawar dengan ojek karenan kalau tidak. Anda akan diberi harga mahal. Nggak mau kan, jadi berat di ongkos padahal bisa dapat harga wajar? Selain itu, sudah ada ojek online yang lebih mudah dan harganya pasti. 

Kalau tidak mau repot mencari transportasi umum, sewa motor bisa jad alternatifnya. Cukup dengan biaya Rp 50.000 saja Anda sudah bisa berkunjung ke mana saja. Anda hanya perlu lisensi berkendara karena kalau tidak, Anda bisa dikenakan sanksi oleh polisi setempat. 

Soal makan, street food juaranya. Ada banyak warung di Bali yang bisa Anda datangi. Sekali makan di warung sudah bisa membuat perut Anda kenyang dan tidak akan membuat dompet Anda kering. Tipsnya, pilih warung yang ramai. Warung yang selalu dipenuhi pengunjung menandakan makanan disitu enak dan tidak berpotensi menyebabkan Anda diare. 

Itulah sedikit tips untuk berliburan di Bali dengan biaya murah. Buat info lengkap baca di BreakTime aja, ya. 

Sumber: http://www.inbali.org/cheap-backpackers-guide-to-bali/ 

Share on Google Plus

About ibnu Amr

0 komentar:

Catat Ulasan