Aturan Tiket Pesawat Anak di Indonesia

Pergi berlibur bersama anak tentunya menjadi pengalaman tersendiri untuk keluarga. Bagi anda yang telah merencanakan pergi berlibur bersama anak dengan menggunakan alat transportasi berupa pesawat terbang hendaknya anda mengetahui terlebih dahulu tentang aturan harga tiket pesawat untuk anda sehingga budget dapat diperhitungkan dan dipersiapkan dengan tepat. Pada beberapa maskapai, harga tiket anak umumnya disamaratakan dengan harga tiket penumpang dewasa tanpa pengecualian. Akan tetapi,  pada maskapai tertentu mereka memberikan keringanan berupa potongan harga untuk kategori anak-anak dan lanjut usia (lansia).

Dikatakan termasuk ke dalam kategori anak-anak adalah apabila penumpang tersebut berusia 2 tahun sampai dengan 12 tahun. Potongan harga yang diberikan oleh setiap maskapai tidaklah sama, tergantung dari peraturan masing-masing.

Berikut peraturan tiket pesawat Indonesia untuk anak dari berbagai maskapai:

1. Garuda Indonesia
Pesawat Garuda Indonesia memiliki kelas penerbangan, diantaranya:
  • Kelas Bisnis yang terdiri dari sub kelas J (Juliet), kelas C (Charlie), kelas D (Delta), dan kelas W (Whiskey).
  • Kelas Ekonomi, terdiri dari sub kelas Y (Yankee), kelas L (Lima), kelas M (Mike), kelas K (Kilo), N (November), dan Q (Quebec).
  • Kelas Promo, terdiri darisub kelas B (Bravo) dan V (Victor).
Pada pesawat Garuda Indonesia, penumpang anak-anak akan mendapatkan potongan harga sebesar 25% dari haga tiket dewasa apabila mereka telah booking tiket minimal di kelas ekonomi M. Jika tiket yang dibeli berada di bawah kelas M, maka harga tiket pesawat tersebut akan disamakan dengan harga tiket kategori penumpang dewasa. 

2. Sriwijaya Air Group (Sriwijaya Air dan NAM Air)
Dalam peraturan maskapai Sriwijaya Air Group, harga tiket pesawat untuk penumpang dengan kategori anak disamakan dengan harga tiket penumpang dewasa. Artinya, tidak ada potongan untuk kategori tiket pesawat pada penumpang anak-anak.

3. Citilink
Sama dengan peraturan Sriwijaya Air Group, pada maskapai penerbangan Citilink harga tiket pesawat anak-anak disamakan dengan harga tiket pesawat penumpang dewasa. Tidak ada potongan harga untuk penumpang anak-anak. Selain itu, penumpang anak harus didampingi oleh orang dewasa yang terbang bersama dalam satu penerbangan.

4. Lion Group
Penerbangan dengan nama Lion Group diantaranya Lion Air, Batik Air, Malindo Air, dan Batik Air. Harga tiket pesawat anak-anak yang dikenakan oleh Lion Group sama dengan harga tiket pesawat penumpang dewasa. Tidak ada diskon untuk tiket anak-anak. Penumpang anak harus terbang bersama dengan pendampingnya  yaitu orang dewasa dalam satu pesawat.  

5. Air Asia
Pada penerbangan Air Asia harga tiket pesawat untuk kategori anak-anak dipukul rata dengan harga tiket pesawat untuk kategori penumpang dewasa. Tidak ada harga spesial untuk tiket pada anak-anak. 

Itulah tadi ketentuan dari tiap maskapai tentang harga tiket pesawat pada anak-anak. Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu anda dalam menyusun budget saat liburan tiba.

Share on Google Plus

About ibnu Amr

0 komentar:

Catat Ulasan