Resep Kue Pukis Yang Bisa Dicoba Di Rumah

Sajian kue yang satu ini bisa kamu coba di Rumah, meskipun banyak juga yang menjualnya di Pinggir Jalan. Kue ini bernama Pukis, rasanya empuk dan manis bisa menjadi teman ngopi bareng orang-orang tercinta. Seperti halnya kue kukus lainnya, pukis dimasak tanpa menggunakan oven. Cara membuatnya sangat mudah, kamu hanya perlu menyiapkan citakannya dan adonan kue pukis.

Penasaran bagaimana cara membuat adonan kue pukis dan menjadikannya sebagai kue yang lezat? Simak resep kue pukis di bawah ini.

Bahan:
• Tepung terigu, 250gram.
• Telur ayam, 2 butir.
• Gula pasir, 200gram.
• Ragi instan 1 sendok makan.
• Garam, ½ sendok teh.
• Vanili bubuk, ½ sendok teh.
• Pasta vanili ½ sendok teh.
• Margarin, 20gram.
• Santan kelapa, 125ml.
• Air hangat, 50 ml.
• Keju parut atau messes sebagai bahan taburannya.

Resep kue pukis empuk:
  1. Siapkan mangkuk kecil kemudian masukkan ragi instan. Larutkan dengan air hangat. Sdiamkan selama kurang lebih 10 menit atau hingga terlihat berbusa. Sisihkan.
  2. Kocok telur, gula pasir dan garam dalam satu wadah. Kocok menggunakan mixer secara merata dengan menggunakan kecepatan tinggi. Kocok selama kurang lebih 5 menit sampai mengembang dan adonan berubah menjadi lebih pucat. 
  3. Masukkan tepung terigu dan santan sedikit demi sedikit secara merata. Masukkan kocokkan telur. Aduk secara merata hingga semua bahan tercampur.
  4. Tuangkan larutan ragi ke dalam bahan tersebut. Kocok kembali semua adonan hingga tercampur rata. Sisihkan adonan selama kurang lebih 30 menit sampai mengembang.
  5. Selanjutnya, masukkan margarin cair ke dalam adonan tersebut, masukkan juga pasta vanili agar kue pukis terasa wangi. Aduk bahan secara merata.
  6. Cetakan pukis kemudian dipanaskan menggunakan api kecil. Barulah adonan dituangkan ke dalamnya, jangan terlalu penuh untuk memberikan ruang agar kue bisa mengembang. Setelah itu taburi dengan menggunakan keju parut atau messes. 
  7. Gunakan penutup citakan kue pukis, tutup dengan baik agar kue matang dan mengembang.
  8. Setelah matang, kamu bisa mengeluarkannya menggunakan sendok atau alat lain yang dianggap lebih mudah.

Jangan lupa melumuri citakan kue pukis dengan minyak goreng atau margarin cair agar kue tidak lengket. Cara ini terbukti dapat membuat kue pukis lebih mudah dikeluarkan dari citakannya. Olesi citakan menggunakan kuas bersih khusus untuk memasak. 

Kue pukis lebih cocok disajikan di waktu istirahat seperti malam hari setelah seharian penat bekerja. Santaplah kue pukis bersama teh manis atau kopi agar mendapatkan kenikmatan yang tiada duanya. 

Itulah ulasan mengenai resep kue pukis empuk yang bisa dicoba di Rumah. Kue pukis memang banyak dijual di Pinggir Jalan bersama martabak, tapi tidak ada salahnya jika kamu mencoba membuat sendiri di Rumah. Semoga Bermanfaat. 

Share on Google Plus

About ibnu Amr

0 komentar:

Catat Ulasan