Mengenal Tentang Prinsip Bagi Hasil Bank Syariah yang Halal



Lembaga keuangan atau bank di Indonesia pada dasarnya terbagi atas 2 jenis, diantaranya adalah yang berbasis konvensional atau yang umum Anda jumpai selama ini sedangkan satu diantaranya adalah berbasis syariah. Keduanya memiliki perbedaan masing-masing terkait dengan beberapa hal. Misalnya untuk lembaga keuangan syariah sendiri yang pada dasarnya memang lebih ditujukan oleh mereka para muslim, dimana selama ini takut akan praktik riba dari bank konvensional. Karena pada dasarnya bank syariah sendiri tak mengenal adanya riba, tidak ada suku bunga bank syariah, sehingga mereka bisa merasakan keamanan atau produk yang halal.

Lalu bagaimana bank syariah mendapatkan keuntungan? Tentunya dengan beberapa prinsip ekonomi Islam yang mereka gunakan seperti diantaranya yang paling banyak adalah sistem bagi hasil, berikut ini beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang sistem bagi hasil ini, yaitu:

  1. Ada pemilik modal atau investor yang menanamkan dana pada bank atau lembaga keuangan syariah tersebut, nantinya akan digunakan dalam perputaran uang untuk pinjaman atau kredit.
  2. Ada pengelola dana yang akan menginvestasikan uang tersebut dalam sebuah proyek tertentu, tentunya proyek ini memiliki resiko, namun di satu sisi juga menguntungkan, namun jangan khawatir karena proyek yang dipilih tetap menjamin halal. Jadi Anda tak perlu takut nantinya keuntungan yang diterima tersebut haram.
  3. Ada kesepakatan antara kedua belah pihak, sebelum memutuskan untuk ambil proyek yang menguntungkan tersebut, maka kedua belah pihak harus melalui sebuah kesepakatan terlebih dahulu, mulai dari bidang yang dipilih kemudian juga jumlah dana yang akan diinvestasikan. Berapa keuntungan bagi hasil yang nantinya akan diterima, sampai dengan jangka waktu yang harus disepakati sebelumnya.
Itulah setidaknya beberapa cara perputaran uang dalam lembaga keuangan syariah ini. Ada banyak sekali bank-bank di Indonesia yang memiliki embel-embel atau nama belakang syariah yang bisa Anda pertimbangkan untuk dipilih sebagai partner masalah keuangan, baik itu simpanan maupun pinjaman. Khusus untuk Anda yang tengah mencari bank guna menabung agar bisa ke tanah suci, maka dapat mempertimbangkan tabungan umroh syariah Bukopin.


Share on Google Plus

About ibnu Amr

0 komentar:

Catat Ulasan