Waspada Penggunaan Obat Pada Bayi, Pilihlah Sesuai dengan Resep Dokter


Bayi baru lahir akan mengalami adaptasi di lingkungan baru. Di dalam kandungan ibu, lingkungan rahim mendukungnya agar selalu steril dan bersih. Sedangkan di lingkungan luar setelah dilahirkan, bayi akan rentan terkena virus atau bibit penyakit akibat lingkungan sekitar. Kekebalan tubuh bayi yang masih sangat minim membuat orang tua harus ekstra berhati-hati dalam perawatannya agar bayi senantiasa sehat. Kala si kecil sakitpun, penggunaan obat tidak boleh sembarangan karena tubuh bayi yang masih berbeda dibandingkan anak atau manusia dewasa.

Salah satu jenis penyakit yang sering menyerang bayi adalah pilek. Pilek pada bayi ditandai dengan keluarnya air atau ingus hingga bayi bersin-bersin. Bahaya penyakit ini pada bayi yang masih kecil adalah tersumbatnya pernafasan sehingga mengganggu proses bernafas yang bisa berakibat fatal. Bayi yang tak bisa berkomunikasi dengan baik akan sering menangis karena merasa kurang nyaman. Jika si kecil mengalami gejala pilek, segera konsultasikan pada dokter untuk mendapatkan obat flu untuk bayi yang aman dan ampuh mengatasi pilek dan hidung tersumbat.

Selain melalui pemberian obat yang diresepkan oleh dokter, Anda juga bisa mengusahakan kesembuhan si kecil dengan cara yang lebih aman. Penyakit pilek pada bayi umumnya terjadi karena virus yang menyerang akibat kekebalan tubuh masih lemah. Virus dapat dibunuh dengan menguatkan sistem kekebalan tubuh bayi. Caranya adalah dengan memberikan makanan bergizi sebagai sumber nutrisi yang dibutuhkan. Jika bayi Anda masih menyusu, berikan Asi lebih banyak atau semau si kecil agar kekebalan tubuhnya meningkat. Selain itu beri dukungan dari luar misalnya dengan mengoleskan minyak angin ke bagian dada dab perut.

Untuk mengatasi hidung tersumbat dengan cara yang aman, Anda juga bisa memberikan inhealer. Obat hidung tersumbat untuk anak usia balita belum tentu aman untuk bayi sehingga perlu kewaspadaan khusus sebelum memberikannya. Ada baiknya langsung berkonsultasi dengan dokter agar diberikan obat untuk melegakan hidung tersumbat. Cara lainnya adalah dengan mengeluarkan lendir dari hidung bayi dengan alat khusus yang bisa Anda beli di apotek.

Share on Google Plus

About Admin

0 komentar:

Catat Ulasan