Semakin bertambahnya usia maka resiko tubuh untuk terkena beragam jenis penyakit juga jadi semakin tinggi. Salah satu diantaranya adalah masalah yang sudah sering kali dialami orang-orang di atas usia 35 tahun yaitu asam urat. Mungkin banyak yang sudah sering mendengar namanya atau bahkan merasakannya bukan. Penyakit ini disebabkan oleh timbunan asam urat dari berbagai jenis makanan yang dikonsumsi sehari-hari, nantinya akan mengkristal kemudian tertimbun di persendian, sehingga menyebabkan rasa sakit pada sendi tersebut, bahkan sering kali menyebabkan terjadinya inflamasi bahkan juga pembengkakan. Jika sudah terasa gejalanya maka ada baiknya mulai menghindari pantangan asam urat.

Karena kondisi kesehatan tersebut sifatnya memang bisa kambuh sewaktu-waktu, bahkan juga menyebabkan penderitanya tidak bisa menjalani aktivitas sehari-hari secara normal. Wajib bagi Anda untuk mulai mengurangi konsumsi makanan yang banyak mengandung zat purin di dalamnya. Berikut ini diantaranya pantangan asam urat yang harus dihindari, yaitu:

  1. Bayam, meskipun sayuran hijau yang satu ini kaya akan kandungan berbagai macam zat bergizi, namun kurang baik bagi mereka yang terkena asam urat, karena bayam mengandung senyawa purin dalam jumlah yang tinggi. Dalam 100 gram bayam setidaknya terkandung sekitar 57 gram purin yang bisa memicu asam urat Anda nantinya juga bertambah parah.
  2. Asparagus, selain tinggi kandungan asam folat, ternyata kadar purin di dalam asparagus ini juga sangatlah besar, yaitu sekitar 23 gram dalam 100 gramnya, jadi berbahaya untuk mereka yang menderita asam urat.
  3. Kembang kol, dikenal enak dan dapat diolah menjadi berbagai jenis masakan, namun bukan pilihan terbaik bagi Anda yang memiliki penyakit asam urat. Karena dalam 100 gram kembang kol ini terdapat 51 gram senyawa purin.
  4. Jamur, dalam 100 gram jamur terdapat sekitar 12 hingga 17 gram purin, jadi tidak boleh dikonsumsi oleh mereka yang menderita asam urat, meskipun pada dasarnya makanan yang satu ini memiliki rasa yang enak dan kandungan bergizi yang lainnya.
  5. Minuman beralkohol, kebiasaan mengkonsumsi alkohol hendaknya juga sudah harus mulai Anda hentikan mulai dari sekarang, karena minuman ini dapat meningkatkan resiko asam urat, bahkan juga dehidrasi dan beberapa jenis penyakit berbahaya yang lainnya.
  6. Seafood, makanan laut meskipun dikenal enak, namun kandungan zat purin yang ada di dalamnya sangatlah tinggi, termasuk diantaranya juga remis, udang, kepiting, tiram hingga cumi-cumi. Sehingga sangat cepat menyebabkan penimbunan asam urat yang ada di dalam tubuh.
  7. Jeroan, apapun jenisnya, jeroan ini termasuk makanan yang harus dihindari entah itu bagi yang menderita asam urat maupun masalah kesehatan yang lainnya, karena selain dikenal tinggi zat purinnya juga dikenal mengandung banyak kolesterol jahat.
  8. Daging merah, mulai dari daging kambing, sapi, hingga babi semuanya tinggi kadar zat purin, sehingga harus dikurangi jumlah konsumsinya bagi penderita asam urat, bahkan jika bisa hendaknya tidak dikonsumsi sama sekali.
  9. Produk-produk olahan dari kedelai, termasuk juga tahu dan tempe, jika berlebihan juga dapat memicu masalah asam urat dalam tubuh.
  10. Buah-buahan tertentu, diantaranya jenis buah yang kaya kandungan purin adalah nanas, mangga, pisang, nangka dan juga buah durian.


Jaga asupan makanan yang masuk kedalam tubuh, termasuk menghindari pantangan asam urat di atas sehingga tidak terserang masalah kesehatan yang banyak dialami orang yang sudah lanjut usia tersebut.

Share To:
Next
This is the most recent post.
Previous
Catatan Lama

Post A Comment:

0 comments so far,add yours