Manusia memiliki panca indra yang sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia. Dari indra penglihatan, indra penciuman, indra pengecap, indra peraba, dan indra pendengaran. Namun seiring bertambahnya usia, indra tersebut semakin berkurang kepekaannya sehingga membuat aktivitas tidak nyaman. Salah satu indra yang kerap mengalami masalah ketika usia makin bertambah yaitu indra pendengaran. 

Di usia yang semakin menua, pendengaran manusia juga turut menua dengan berkurangnya kepekaan menangkap suara. Banyak di antara mereka yang mengaku tidak dapat mencerna jelas setiap kata yang diucapkan. Hal tersebut dikarenakan ada beberapa huruf atau kata yang tidak tersampaikan sehingga otak kesulitan menginterprestasikan kata yang didengarnya. Untuk kondisi yang sudah parah, mereka sudah tidak dapat lagi menangkap suara.

Namun meskipun telah kehilangan kepekaan pendengarannya, beberapa orang masih tidak mau menggunakan alat bantu dengar. Padahal di usia yang sudah menua, pendengaran masih sangat dibutuhkan untuk komunikasi di kehidupan sehari-hari ataupun untuk mengenali adanya bahaya di sekitar. Bisa dibayangkan bagaimana anda menjalani aktivitas keseharian Anda tanpa dapat mendengar suara dengan jelas. Tentunya akan sangat menyusahkan dan membuat rugi orang lain karena sulitnya melakukan komunikasi. 

Alat bantu pendengaran ini membantu indra pendengaran manusia yang bermasalah agar dapat mendengar suara dengan jelas seperti telinga normal. Mengingat fungsi pendengaran ini penting untuk kehidupan sehari-hari, menggunakan alat bantu pendengaran sangat perlu dilakukan. Selain mendapatkan pendengaran yang normal, penggunaan alat pendengaran pada telinga juga menahan penurunan fungsi indra pendengaran karena faktor usia.

Jika Anda mengalami  masalah pada pendengaran, sebaiknya segera gunakan alat untuk membantu indra pendengaran Anda. Namun sebelum Anda membeli alat bantu pendengaran, periksakan terlebih dulu tingkat kerusakan indra pendengaran Anda agar dapat disesuaikan dengan tipe alat dengarnya. Carilah pusat alat bantu dengar yang sekaligus memberi pelayanan serangkaian pemeriksaan tes pendengaran sehingga Anda tidak perlu repot. Sekarang ini ada banyak tipe alat bantu pendengaran dari bentuk hingga kepekaan dengarnya. Anda dapat memilih berbagai macam bentuk alat pendengaran sesuai dengan kenyamanan Anda. 

Share To:

Post A Comment:

0 comments so far,add yours