Ujian merupakan momen terpenting saat menjajaki dunia pendidikan, termasuk bagi yang mengikuti pendidikan blended learning. Pasalnya, ujian menjadi salah satu cara mengetahui sampai dimana materi yang diberikan dipahami oleh pelajar. 
sumber gambar: pixabay

Meski saat ini metode pembelajaran sudah sangat beragam, namun penilaian dengan tes masih jadi favorit di setiap lembaga pendidikan (untuk semua jenjang). Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, beberapa tips dan trik berikut ini dapat dilakukan:

Perbanyak membaca
Mendapatkan nilai tinggi dalam ujian sudah pasti tujuan setiap pelajar dan mahasiswa. Akan tetapi untuk mendapatkannya pastinya tidak mudah dan diperlukan usaha lebih keras. Salah satunya adalah dengan perbanyak membaca materi yang telah disampaikan oleh guru maupun dosen. Semakin sering kamu membaca, maka akan semakin mudah pula menyerap setiap materi yang akan diujikan.

Untuk  menambah referensi bacaan, kamu bisa memanfaatkan fasilitas yang ada di sekolah seperti perpustakaan. Dengan banyaknya koleksi buku yang bisa kamu baca, maka akan semakin bekal untuk menghadapi ujian. Maka dari itu jika ingin mendapatkan nilai tinggi saat ujian, jangan sampai malas membaca materi pelajaran ya.

Buat jadwal belajar secara konsisten
Meski mengikuti jenis kuliah online yang terkenal dengan jadwalnya yang fleksibel, namun membuat jadwal belajar secara konsisten wajib dilakukan. Karena, salah satu kunci wajib agar bisa mendapatkan nilai tinggi saat ujian adalah belajar dengan rajin. Maka dari itu, menjelang masa ujian, buatlah jadwal belajar yang konsisten. 

Pastikan dalam satu hari, ada waktu khusus yang diluangkan untuk belajar entah 1 atau 2 jam saja. Dengan membuat jadwal belajar seperti itu, akan mempermudah kamu untuk mengusir rasa malas dan mempermudah konsentrasi saat belajar.

Agar materi yang kamu pelajari bisa lebih cepat diserap, buatlah jadwal belajar di waktu yang memang nyaman untuk belajar. Ada beberapa waktu efektif untuk belajar yang bisa kamu coba, seperti pada pagi hari setelah bangun tidur, atau malam hari menjelang waktu tidur. Pada waktu-waktu tersebut, kondisi otak masih cukup rileks sehingga memudahkan kamu untuk menyerap materi pelajaran.

Kerjakan soal-soal latihan
Trik selanjutnya agar bisa mendapatkan nilai tinggi saat ujian adalah kerjakan soal-soal latihan dari ujian pada tahun sebelumnya. Walaupun tidak ada jaminan soal ujian yang harus kamu kerjakan dengan soal tahun sebelum sama, akan tetapi bisa memberikan gambaran model soal pada ujian mendatang.

Mengerjakan soal-soal latihan menjelang waktu ujian memiliki manfaat yang sangat banyak. Selain bisa menambah pengetahuan, bisa membuat kamu lebih percaya diri saat mengerjakan soal ujian sungguhan karena sudah terbiasa dengan model pertanyaan yang diujikan. Dengan begitu mendapatkan nilai tinggi saat ujian bukan hal yang mustahil lagi.

Kerjakan semua tugas sekolah dengan baik
Tips dan trik yang satu ini juga berguna untuk sistem pembelajaran blended learning, yakni mengerjakan semua tugas yang diberikan. Walaupun tidak berpengaruh secara langsung terhadap hasil ujian, akan tetapi tugas sekolah bisa menjadi penolong untuk memperbaiki dan menambah nilai ujian.

Tidak semua jenis ujian bisa ditolong dengan nilai tugas. Seperti halnya Ujian Nasional yang benar-benar murni dari hasil ujian saja. Akan tetapi untuk jenis ujian lain seperti ujian tengah semester dan ujian semester, nilai tugas bisa sangat membantu. Maka dari itu jika ingin nilai ujian lebih tinggi, jangan remehkan tugas-tugas yang diberikan oleh guru atau dosen di sekolah.

Ikut bimbingan belajar
Jika belajar sendiri di rumah kamu rasa belum cukup untuk memahami semua materi pelajaran, tidak ada salahnya mengikuti bimbingan belajar menjelang waktu ujian. Selain membuat jadwal belajar menjadi lebih teratur dan terstruktur, mengikuti bimbingan belajar juga bisa membuat kamu memiliki semangat belajar lebih tinggi karena suasana dan lingkungan yang mendukung.

Dalam bimbingan belajar, terdapat tutor yang akan membantu kamu. Jadi ketika ada kesulitan memahami suatu materi, kamu bisa langsung bertanya untuk mendapatkan solusinya. 

Di samping itu, lembaga bimbingan belajar biasanya juga melakukan evaluasi hasil belajar, sehingga ketika dirasa masih ada materi yang belum dikuasai bisa diulang kembali agar hasilnya lebih maksimal. Saat ini ada banyak tempat pelatihan yang bisa diikuti, termasuk diantaranya tempat pelatihan berbentuk kuliah online untuk berbagai jenis disiplin ilmu.

Selalu menjaga kesehatan 
Mungkin kamu masih bingung, apa hubungannya menjaga kesehatan dengan mendapatkan nilai tinggi saat ujian? Kesehatan sangat penting dalam mendukung prestasi kamu di sekolah. Dengan badan yang sehat, kamu bisa menyerap materi pelajaran dengan lebih mudah. Tak hanya itu, badan yang sehat juga membuat kamu lebih berkonsentrasi selama ujian sehingga hasilnya bisa lebih maksimal.

Untuk menjaga tubuh tetap sehat sebelum dan saat ujian, pastikan selalu mengkonsumsi makanan yang sehat. Selain menjaga pola makan, jadwal tidur, waktu bermain, dan olahraga juga wajib diatur dengan baik agar kondisi tubuh tetap prima selama ujian. Pastikan juga kamu tidak belajar sampai larut malam, yang justru akan membuat lemas pada pagi harinya.

Itulah beberapa tips dan trik yang bisa diterapkan untuk mendapat hasil ujian dengan maksimal. Kunci utama untuk mendapatkan nilai yang tinggi, tentunya belajar yang rajin menjadi faktor penting termasuk bagi mereka yang mengambil sistem blended learning dalam pembelajarannya.

Share To:

Post A Comment:

0 comments so far,add yours