menjaga kulit dari cahaya matahari memang sangat penting terutama mencegah efek yang tidak baik dari sinar UVA dan UVB. Efek yang akan berdampak dari terpapar sinar UVA dan UVB yaitu kulit akan mengalami seperti terbakar, dan efek jangka panjangnya yaitu akakan munculnya penuaan dini bahkan yang lebih buruk yaitu bisa menyebabkan kanker kulit. kalian pasti sering dong menggunakan sunblock ataupun sunscreen, tapi beberapa dari kalian pasti kurang mengetahui apa itu perbedaan sunblock dan sunscreen. Sunblock dan sunscreen memang memiliki tujuan yang sama yaitu melindungi kulit dari bahaya cahaya matahari, tapi apasih bedanya kedua produk tersebut? yu baca agar kalian tidak salah memilih produk untuk digunakan!

1. Kandungan dalam produk 
Perbedaan antara sunscreen dan sunblock juga dilihat dari kandungannya juga. Jadi sebenarnya hanya ada 1 istilah yaitu sunscreen, sunscreen terdiri jadi dua yang pertama chemical sunscreen yang sering kita bilang sebagai “sunscreen” dan physical sunscreen yang sering disebut sebagain “sunblock”. Kandungan dari chemical sunscreen (sunscreen) yaitu cinoxate, aminobenzoic acid, dioxybenzone, avobenzone dan yang lainnya. nah yang digunakan oleh physical sunscreen (sunblock) ini berbeda physical sunscreen ini menggunakan zinc dan titanium sebagai bahannya.  Jadi jika kalian melihat bahwa produk tersebut tidak mengandung titanium dan juga zinc berarti produk itu merupakan Chemical sunscreen (sunscreen) jika sebaliknya itu berarti Physical sunscreen (sunblock).

2. Cara kerja 
perbedaan antara sunscreen dan sunblock adalah dari cara kerjanya. Sunscreen bekerja dengan cara memberikan lapisan pada kulit, lapisan ini akan melindungi kulit dari sinar matahari. Tetapi tidak semua cahaya matahari di hadang oleh sunscreen biasanya sunscreen hanya melindungi kulit dari sinar UVB. Kalo sunblock bekerja dnegan cara menghalangi atau mem-block semua sinar dari matahari termasuk sinar UVA dan sinar UVB. Di amerika kata sunblock untuk suatu produk sudah dilarang karena menurut FDA (suatu badan pengawasan obat dan makanan di Amerika Serikat) kata sunblock ini sangat berlebihan, bahkan masyarakat salah mengartikan cara penggunaannya. Masyarakat merasa jika menggunakan sunblock maka kulitnya dapat terlindungi dari paparan sinar matahari selama seharian, nyatanya penggunaan sunblock ini perlu dilakukan berulang beberapa jam sekali (jika memang aktivitas kalian berada di luar ruangan dan terkena paparan sinar matahari secara langsung). Kata sunblock ini sekarang sudah diganti oleh beberapa produk menjadi sun protection.

3. Mana yang lebih bagus?
Sebenarnya jika ditanyakan yang mana yang lebih bagus, sama saja. Hanya saja jika kalian memiliki aktivitas di luar ruangan yang tidak terlalu lama lebih baik kalian menggunakan sunscreen tetapi jika kalian memiliki aktivitas diluar ruangan seharian lebih baik kalian menggunakan sunblock. Dan jangan lupa untuk digunakan secara berulang sesuai ketentuan ya!

Disini juga kami tidak hanya akan membahas perbedaan sunblock dan sunscreen tetapi kami akan memberikan tips and trick memilih sunblock ataupun sunscreen sesuai kebutuhan kalian.

1. Memilih produk yang memiliki jumlah SPF/PA yang sesuai
Kalian pasti tahu kan kalo semakin tinggi SPF/PA maka semakin tinggi juga efek melindunginya (semakin lama) tetapi kalian juga harus tahu apabila SPF/PAnya semakin tinggi maka produk tersebut dapat memicu terjadinya iritasi pada kulit. Sebelum kalian membeli produk tersebut sebaiknya kalian memikirkan dulu apakah aktivitas kalian selalu terkena sinar matahari seharian atau hanya sebentar?

2. Memilih produk sesuai tempat tujuan
Jika kalian berencana melakukan liburan seperti berenang ataupun berlibur kepantai. Sebaiknya kalian memilih sunblock ataupun sunscreen yang waterproof sehingga kalian tidak perlu khawatir sunblock ataupun sunscreen kalian hilang terhapus oleh air. Hanya saja kekurangan dari produk ini adalah beberapa produk sunblock ataupun sunscreen waterproof ini terkadang juga masih sulit dicuci meskipun menggunakan sabun, sehingga beberapa produk ada sunscreen atau sunblock remover khusus. Hal ini merupakan sesuatu hal yang sangat perlu diperhatikan sebelum kalian membeli produk sunblock atau sunscreen waterproof.

3. Memilih sunblock dan sunscreen sesuai tipe kulit
Tabir surya ini ada 2 tipe kandungan yang berbeda yaitu kandungan dari bahan organic dan juga anorganik. Tabir surya dengan berbahan organic atau ultravioler absorber merupakan tabir surya yang dapat menyerap sinar ultra vioret. Yang selanjutnya tabir surya dengan berbahan anorganik ataupun ultraviolet light scattering agent merupakan produk tabir surya yang dapat memantulkan sinar ultra violet. Jika kalian memilikiu kulit jenis normal maka kalian aman menggunakan yang berbahan organic (mengandung bahan kumua) maupun anorganik (tidak mengandug bahan kimia) . tetapi jika kalian memiliki tipe kulit yang sensitive lebih baik kalian memilih produk dengan berbahan anorganik (bebas bahan kimia) produk dengan jenis anorganik bisa meminimalkan terjadinya iritasi pada kulit

4. Memilih produk yang nyaman dan mudah untuk digunakan
Banyak sunblock ataupun sunscreen berbentuk lotion, krim ataupun gel karena teksturenya yang mudah dibakurkan ke kulit dalam jumlah yang banyak dan juga pemakaiannya tidak sulit dan nyaman. Untuk pria biasanya mereka menggunakan produk tabir surya yang berbentuk gel karena tidak membuat muka menjadi putih. Produk-produk berbentuk lotion, krim ataupun gel merupakan bentuk-bentuk yang cocok digunaan untuk kebutuhan sehari-hari. Tetapi jika kalian akan menggunakan kembali tabir surya agar tidak merusak makeup yang sudah kalian gunakan sebaiknua kalian menggunakan jenis tabir surya yang spray, bedak ataupun sheet. 

Gimana kalian jadi mengetahui kan jenis sunblock ataupun sunscreen yang akan kalian pilih yang cocok dengan kulit dan juga harus sesuai dengan kebutuhan kalian. Selain itu kami juga akan memberikan 10 rekomendasi produk-produk sunblock ataupun sunscreen yang menjadi pilihan beberapa beauty vlogger terkenal.
  1. La Roche Posay Melt in Tinted Cream SPF 50
  2. Kao Biore UV Aqua Rich Watery Essence SpF 50+ PA ++++
  3. Rohto Skin Aqua UV Moisture Gel
  4. Kiehl’s Ulra Light Daily Defense SPF 50
  5. Johnson & Johnson Neutrogena Ultra Sheer Dry Touch Sunscreen Broad Spectrum SPF 100+
  6. Kao Nivea Sun Water Gel SPF 35
  7. Shiseido Anessa Perfect UV Spray Sunscreen 
  8. L’oreal UV Perfect Aqua Essence City Mist SPF50 PA++++
  9. Beach Hut MAX 100++ SPF
  10. EAU Thermale Avene Mineral Lotion SPF 50+

Produk-produk diatas merupakan produk sunblock dan sunscreen yang sering di review oleh para selebgram yang katanya memang tidak perlu lagi diragukan produknya. Yuk mulai beli dan gunakan sunscreen yang sesuai dengan kamu! karena menjaga kulit merupakan salah satu yang harus kamu lakukan sedari dini, kamu gamaukan memiliki masalah kulit? Makannya harus mulai menjaga kulit kalian! Jangan sampai menyesal loh guys. Yuk lindungi kulit kita dengan sunblock dan sunscreen. 

Share To:

Post A Comment:

0 comments so far,add yours