Bulan ramadhan 1441 Hijriah ini mungkin terasa berbeda tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Kebanyakan dari kita harus melakukan segala hal di rumah saja mulai dari berbuka puasa, sholat taraweh, sahur dan hal lainnya dikarenakan pademi covid-19 yang belum selesai hingga saat ini. Walaupun demikian ramadhan bulan ini sudah masuk hari ke-14 kamis(7/5) dan bagi anda yang dirumah saja sudah wajib pastinya menyesuaikan jadwal aktivitas sehari-hari agar lebih bermanfaat dan sudah pasti mengumpulkan pahala dibulan yang baik ini sangatlah luar biasa bukan.

Bagi orang yang berpuasa, mendengar suara adzan menjadi suatu hal yang penting karena memiliki arti bahwa kita sudah bias berbuka puasa dengan makanan yang kita buat atau kita beli sendiri. Nah karena sudah hari ke-14 maka sudah pasti anda wajib mengetahui Jadwal Puasa 2020 yang dikeluarkan Kementerian Agama karena setiap daerah memiliki jadwal Puasa yang berbeda-beda.

Dari data yang dikeluarkan beberapa situs islam maka didapatkan waktu magrib dimulai pada pukul 17.49 WIB untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Lalu untuk jadwal magrib Kota Bandung (Jawa Barat) dimulai pada pukul 17.49 WIB, Wilayah Yogyakarta dan sekitarnya dimulai pukul 17.33 WIB dan untuk Kota Surabaya dan sekitarnya dimulai pukul 17.24 WIB. 

Lalu dibagian barat terdapat Kota Banda Aceh dengan waktu adzan pukul 18.49 WIB lalu Kota Medan (Sumatera Utara) dimulai pukul 18.33 WIB. Ketika anda berada di Indonsia bagian Barat Sumatera atau Kota Padang maka anda bias mendengar adzan mulai pukul 18.21 WIB, lalu di Kota Pekanbaru (Riau) pukul 18.18 WIB dan di Kota Palembang (Sumatera Selatan) masuk adzan pukul 18.01 WIB. 

Jangan lupa juga dibagian Indonesia Timur terdapat beberapa kota seperti Denpasar (Bali) yang bias mendengar adzan mulai pukul 18.13 WITA, lalu Kota Mataram atau Nusa Tenggara Barat pukul 18.09 WITA dan juga Kota Makassar, Sulawesi Selatan yang dimulai pukul 18.00 WITA dan terakhir di Ibu Kota Papua yaitu Jayapura dimulai pukul 17.38 WIT. 

Jika anda melihat atau mengambil kesimpulan secara seksama, jadwal berbuka puasa untuk wilayah barat Indonesia hingga Timur Indonesia yaitu mulai dari Jakarta dan sekitarnya memiliki rentang waktu mulai dari pukul 17.47 hingga 17.52 WIB. Tapi biasanya pada akhir terakhir ramadhan atau 30 Ramadan 1441 Hijriyah ini waktu adzan magrib akan dimulai mulai pukul 17.47 WIB sebagai jadwal berbuka puasa.

Walaupun bulan Ramadan 1441 H memiliki suasana yang berbeda dibandingkan sebelumnya tetapi kita harus tetap bisa mengamalkan hal hal baik sehingga pahala yang kita dapat pada bulan ini tetap bisa diterima oleh Allah SWT. Selain itu kita pun masih bisa melakukan berbagai hal dirumah kok seperti beramal dengan membuat makanan, memberikan infaq atau sebagian rezeki yang kita miliki kepada orang orang yang memerlukan, bahkan kita bisa membuat makanan untuk orang dirumah dapat membantu dalam memenuhi pahala-pahala baik kita selama berpuasa. Jadi tetaplah positif dan tetaplah menjadi sehat setiap saat, gunakan jadwal imsakiyah dan buatlah jadwal berpuasa anda sendiri untuk mengetahui amalan apa saja yang sudah anda perbuat dalam satu hari penuh. Tidak lupa juga untuk selalu mendengarkan sesuatu yang baik ya dalam mengisi hari-hari dirumah anda. Lakukan hal yang positif dan semoga puasa anda diterima oleh Allah SWT. 

Share To:

Post A Comment:

0 comments so far,add yours