Usaha modal kecil bukanlah sesuatu yang tidak mungkin. Kebanyakan orang bahkan memulai usaha dengan  modal yang minimalis, lalu berkembang menjadi bisnis besar dengan laba menggiurkan. Hal pentingnya adalah perlu ketekunan dan ketelatenan, sehingga bisnis tersebut dapat berkembang sedikit demi sedikit.

Beberapa jenis usaha bermodal minimalis
Usaha modal kecil memiliki beragam jenis. Berikut adalah beberapa usaha yang tidak membutuhkan modal terlalu besar.

1.     Bisnis cucian motor
Mencuci motor bukanlah hal yang mudah bagi seseorang. Bahkan banyak orang cenderung malas melakukannya. Alih-alih mencucinya sendiri, kebanyakan orang lebih memilih membawanya ke tempat cuci motor. Inilah peluang bisnis yang besar dengan modal kecil karena anda cukup menyediakan kran air  dan sabun.

2.     Bisnis catering nasi box
Setiap kali ada acara, snack dan nasi box seolah-olah menjadi hal yang wajib disediakan, apalagi jika itu merupakan acara besar yang berlangsung selama sehari penuh. Selain itu, nasi box juga sering dibutuhkan dalam berbagai acara selamatan. Modal yang diperlukan hanyalah sebuah dapur untuk memasak, karena biasanya pemesan akan memberikan uang DP terlebih dahulu.

3.     Kerajinan tangan/ aksesoris
Selain menjahit, anda yang memiliki tangan kreatif bisa membuka bisnis aksesoris. Anda bisa merangkai berbagai aksesoris dari berbagai pernak-pernik yang menarik untuk kemudian dikemas dan dijual di pasaran. Modal yang diperlukan hanyalah bahan pernak-pernik yang hendak dibuat aksesoris.

4.     Angkringan
Angkringan bukan lagi hal yang asing di telinga anak muda. Tempat ini adalah tempat berkumpul favorit bagi sebagian anak muda yang sering begadang. Tersedianya banyak makanan dengan harga yang murah menjadikan siapapun ketagihan untuk datang lagi dan lagi. Angkringan biasanya dibuka ketika malam hari, jadi bagi anda yang menyukai beraktivitas di malam hari, memilih bisnis jenis ini adalah pilihan yang tepat. Modal yang dikeluarkan hanya bahan-bahan makanan yang hendak dijual pada hari itu.

5.     Jus buah
Bagi orang-orang yang tidak menyukai buah secara utuh, jus adalah  jalan pintasnya. Selain itu jus juga menjadi minuman yang segar dinikmati dalam musim kemarau di siang hari. Rasanya yang segar dan menyehatkan, menjadikan minuman ini banyak digemari. Membuka bisnis ini tidak membutuhkan modal berjuta-juta, karena anda cukup bermodal blender dan beberapa cup plastik serta buah-buahan segar.

6.     Penjual gorengan
Yaaaps! Gorengan adalah favorit sejuta umat! Hampir semua orang menyukai gorengan kecuali orang-orang yang memang menjaga kesehatan dirinya secara intensif. Rasanya yang enak dan nagih, menjadikan gorengan sulit ditolak oleh lidah. Jadi, bisnis gorengan adalah bisnis yang memiliki peluang besar. Modal yang diperlukan juga cukup bahan gorengan dan kompor untuk memasak.

Usaha modal kecil  bukanlah sesuatu yang tabu. Memulai bisnis dari bawah adalah hal yang lumrah. Salah satu tips untuk mengembangkan bisnis dengan baik, adalah dengan mengelola dan mengontrol arus keuangan dengan baik. Untuk melakukannya, anda dapat menggunakan aplikasi BukuKas untuk membuat catatan harian keuangan bisnis anda. BukuKas telah dilengkapi dengan berbagai fitur yang dapat membantu pencatatan arus keuangan bisnis anda secara maksimal.
 
Share To:
Next
This is the most recent post.
Previous
Catatan Lama

Post A Comment:

0 comments so far,add yours