Saat ini, bisnis waralaba merupakan ladang usaha baru bagi masyarakat Indonesia. Ini karena bisnis waralaba tidak membutuhkan modal yang besar dan keuntungannyapun dirasa cukup tinggi. Bisnis waralaba populer di Indonesia sejak tahun 1990-an, dengan ditandai adanya kemunculan department store dan bisnis makanan cepat saji. Kebanyakan saat ini bisnis waralaba bergerak di bidang kuliner maupun non kuliner, seperti pemenuhan kebutuhan masyarakat.

Berikut ini merupakan beberapa tips yang harus anda perhatikan dalam membuka bisnis waralaba supaya dapat meraih kesuksesan. Pertama, yakni gunakan bisnis waralaba yang sedang populer di pasaran. Menentukan merk dagang adalah hal yang penting untuk diperhatikan. Anda bisa melakukan riset kecil-kecilan untuk mencari tahu sebuah merek dagang yang mempunyai banyak pelanggan. Jika anda ingin membuka bisnis waralaba kuliner, anda bisa melakukan riset kecil dengan mencari waralaba makanan yang populer saat ini. Dan selain itu, sebisa mungkin anda harus pintar-pintar dalam melihat peluang di sekitar tempat anda berjualan supaya mendapatkan pelanggan yang sesuai pula.

Yang kedua ialah mengecek apakah merek dagang waralaba yang anda inginkan sudah resmi terdaftar di situs direktorat jenderal kekayaan intelektual. Anda harus mengecek apakah merek waralaba yang ingin anda pilih ini sudah terdaftar atau belum. Dengan adanya pengecekkan, hal ini untuk membuktikan kredibelitas dari perusahaan dagang yang ingin anda pilih. Selain itu, bila terjadi apa-apa anda bisa mengkomunikasikannya dengan pemilik merek dagang tersebut.

Menggunakan merek dagang waralaba dalam negeri merupakan tips yang ketiga. Di Indonesia, ada banyak peluang bisnis dengan ragam merek yang bisa anda pilih untuk memulai bisnis waralaba, baik bisnis waralaba makanan yang populer maupun waralaba non-makanan. Tentunya anda tidak perlu mengeluarkan banyak sekali biaya untuk memulai bisnis dibandingkan bila anda memulai dagang dengan merek waralaba luar negeri. Belum tentu merek luar negeri ini memiliki nama dan popularitas di Indonesia, sehingga lebih baik anda memilih bisnis waralaba dalam negeri

Memilih merek dagang tidak jelas itu tidak bagus, begitu pula dengan merek dagang yang populer juga tidaklah bagus. Dikarenakan biasanya jika anda memilih merek dagang yang populer, anda harus bersaing dengan sekian banyak outlet-outlet yang mungkin sudah tersebar banyak di tempat anda tinggal. Selain it, anda juga harus mempertimbangkan bila memilih merek waralaba yang populer, karena biasanya merek terkenal mematok biaya yang cukup tinggi sehingga anda harus mengeluarkan biaya yang tinggi pula. 

Contoh Usaha waralaba 
Berikut ini merupakan beberapa merk usaha waralaba makanan yang populer di masyarakat yang mungkin bisa anda pertimbangkan untuk menjadi pilihan dagang anda. Pertama yakni minuman segar. Usaha waralaba minuman saat ini tengah digemari oleh masyarakat Indonesia. Minuman yang dijual pun berbagai jenisnya sepertu tradisional, modern, ataupun kombinasi antar keduanya. Adapun jenis-jenis minuman segar yang mungkin bisa anda jadikan pilihan yakni the tongji, es bubble tea, kedai kopi, dan lain-lainnya.

Yang kedua, ialah kebab.  Kebab ini merupakan makanan yang berasal dari timur tengah yang berbahan dasar roti khas timur tengah dengan isis daging, sayuran, mayonnaise, saos, dan toping lainnya. Kebab saat ini menjadi makanan favorit masyarakat indoneisa. Contoh nama merk yang mungkin cukup familiar yang mungkin bisa dijadikan pilihan ialah seperti kebab baba rafi, kebab corner, kebab ali baba, dan yang lain-lainnya.

Share To:

Post A Comment:

0 comments so far,add yours