Tips Membersihkan Peliharaan dari Kutu Anjing


Membasmi kutu anjing bisa dikatakan bukan perkara yang cukup mudah. Karena anda akan membutuhkan kesabaran serta ketelatenan yang ekstra saat membersihkan hama satu ini sampai dapat hilang dengan total. Untuk langkah pengobatan pertama, Anda bisa mencoba beberapa tips di bawah ini.

1. Memahami siklus kutu 
Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah dengan memahami siklus kutu dahulu. Apalagi mengingat perawatan kutu akan berbeda-beda setiap jenisnya. Perlu Anda pahami, jika satu ekor kutu betina diketahui bisa menghasilkan sampai 5-7 telur per hari. Setelah 2 hingga  3 minggu, telur tersebut pun menetas jadi larva kutu dan dapat mulai makan sampai dengan 2 minggu dilingkungan yang lembab. 

Lalu dalam suhu yang lembab, larva tersebut pun mulai membangun kepompong yang dapat berpotensi berkembang biak setiap hari.

2. Menggunakan shampo anti kutu
Anda pun juga membutuhkan sampo khusus yang digunakan untuk membasmi kutu yang berada pada tubuh anjing. Setelah membilas sampo menggunakan air hangat, biasanya kutu itupun dapat segera mati lalu mulai berjatuhan dari tubuhnya. Namun, Anda tetap memerlukan beberapa kombinasi produk perawatan kutu anjing yang lain dikarenakan efek sampo dapat cepat hilang setelah beberapa hari penggunaan shampo tersebut.

Anda pun juga bisa menggunakan obat anti kutu seperti NexGard yang dapat diberi pada anjing dengan usia 8 minggu keatas.

3. Membatasi frekuensi keluar ruangan
Selama melakukan proses pemulihan, Anda juga perlu untuk mengurangi frekuensi anjing keluar dari kandang sementara waktu. Hindari lah anjing dari rerumputan tinggi dikarenakan wilayah tersebut adalah lokasi yang sering ditemukan serangga kecil. 

Selain itu Anda juga perlu mengurangi interaksi dengan anjing asing supaya teman bermainnya dapat terus bebas dari kutu dan juga dapat mencegah timbulnya infeksi baru di anjing peliharaan Anda tersebut.

4. Menjaga kebersihan kandang
Tidak hanya tubuh anjing, Anda juga butuh memastikan jika tempat tidur serta mainan anjing selalu higienis. Selain itu, Anda dapat mencoba membuat penjadwalan kapan waktu cuci kandang supaya selalu bersih, tidak lembab, dan dapat terhindar dari kutu anjing.