Bagaimana Cara Memilih Kontraktor yang Tepat untuk Renovasi Rumah Anda?

Jika Anda adalah tipe orang yang cenderung memilih untuk melakukan segala pekerjaan rumah seorang diri, ada saatnya di mana Anda memerlukan bantuan dari tenaga professional. Salah satunya adalah ketika rumah Anda membutuhkan pemugaran konstruksi seperti ingin menambah jumlah kamar atau memperbesar bangunan rumah. Selain karena skala pekerjaan yang cukup besar, Anda mungkin juga tidak dapat melakukan perbaikan karena kendala waktu. Rutinitas Anda yang begitu padat tidak memungkinkan Anda untuk meluangkan waktu Anda yang berharga hanya untuk mengerjakan sebuah pekerjaan yang dapat diselesaikan dengan sangat baik oleh ahlinya.
Kontraktor yang Tepat untuk Renovasi Rumah
Kontraktor yang Tepat untuk Renovasi Rumah. (foto: mygriya.com)
Sama halnya dengan memilih jasa bangun rumah, memilih jasa renovasi rumah pun juga perlu kehati-hatian penuh. Dari sekian banyak pihak kontraktor dan tukang bangunan yang Anda temui, bagaimana sih menentukan salah satu yang terbaik? Artikel ini akan memberikan tips-tips bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari jasa kontraktor terbaik untuk renovasi rumah.

1. Gunakan kontraktor berlisensi
Ada begitu banyak pilihan yang dapat Anda pilih untuk urusan renovasi rumah, mulai dari tukang bangunan sampai kontraktor bangunan yang telah berlisensi. Meski kadang tukang bangunan tanpa lisensi resmi pun dirasa cukup mumpuni untuk mengerjakan sebuah pekerjaan renovasi, alangkah baiknya jika Anda memilih kontraktor legal untuk menangani pekerjaan-pekerjaan renovasi skala besar. Dengan memiliki lisensi, hal ini berarti kompetensi dan reputasi kontraktor tersebut telah diakui oleh pihak berwenang sehingga Anda tidak perlu was-was apakah hasil akhirnya nanti akan sesuai keinginan Anda atau tidak. 

Selain itu, kontraktor yang professional tentu memiliki website resmi perusahaan di mana mereka memberikan segala info tentang perusahaan. Anda pun dapat melihat hasil pekerjaan mereka, dan juga review dari klien-klien yang sebelumnya. 

2. Jelaskan dengan jelas tujuan Anda
Ketika Anda telah memilih salah satu kontraktor yang Anda rasa dapat diandalkan, segera hubungi mereka dan deskripsikan apa tujuan Anda dan bagaimana kebutuhan Anda dengan sedetil mungkin sehingga mereka dapat memberikan info yang akurat untuk segala kebutuhan Anda. Jangan lupa juga untuk menjadwalkan kapan Anda dan pihak kontraktor akan bertemu dan kapan juga pekerjaan renovasi ingin Anda mulai. Biasanya, kontraktor yang terpercaya tidak akan menyanggupi untuk memulai pekerjaan sesegera mungkin karena mereka tentu memiliki begitu banyak klien dan pekerjaan yang harus dikerjakan.

3. Siapkan dokumen legal yang lengkap
Sehabis bertemu dan menentukan tanggal, jangan lupakan satu hal yang sangat penting ini, yaitu dokumen kontrak. Di dalamnya haruslah memuat nominal uang yang bersedia Anda bayarkan, bagaimana metode pembayaran, kapan estimasi bangunan akan selesai dikerjakan, dan apa yang terjadi jika proyek tidak selesai dalam jangka waktu yang disepakati.

4. Bangun komunikasi yang baik dengan kontraktor pilihan Anda
Selalu bangun hubungan yang baik dengan kontraktor pilihan Anda dari sejak awal bertemu sampai nanti Anda memotong pita. Jika komunikasi Anda dengan pihak kontraktor kurang baik, dikhawatirkan nantinya bisa terjadi konflik dan masalah yang tak terselesaikan dan mengakibatkan mandeknya pekerjaan.

5. Jangan terlalu “mengganggu” pekerjaan kontraktor
Berikan sedikit kebebasan untuk kontraktor melakukan pekerjaannya. Mengawasi boleh, namun jangan terlalu banyak mengintervensi. Kontraktor akan terlalu merasa di bawah tekanan dan alhasil pekerjaan mereka tidak maksimal. Cukup perhatikan dan awasi setiap tahap pekerjaan, dan jika ada yang Anda rasa kurang, segera komunikasikan dengan kepala proyek. 

6. Jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh ketika selesai
Sebelum menyatakan sebuah pekerjaan renovasi benar-benar telah selesai, periksa dengan seksama seluruh sudut rumah. Cek baik-baik bagian plafon dan lantai, begitu juga dengan listrik dan air. Jangan langsung menyatakan bahwa pekerjaan telah selesai sebelum Anda puas dengan hasil pekerjaan mereka.

7. Jangan lupa berikan feedback
Apabila ketika pemeriksaan akhir Anda tidak merasa ada suatu hal yang kurang dan Anda merasa cukup puas, jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih dan feedback yang baik secara langsung maupun di website perusahaan. Feedback Anda ini akan sangat berguna untuk orang lain yang akan menggunaan jasa kontraktor yang sama.

Share on Google Plus

About ibnu Amr

0 komentar:

Catat Ulasan