Wajib Tahu! Inilah 3 Keuntungan Investasi Surat Berharga Negara

Apakah Anda pernah mendengar istilah Surat Berharga Negara (SBN)? Mungkin bagi sebagian orang istIlah ini masih terasa asing, tetapi tidak sedikit juga yang telah mengetahu dan sudah berinvestasi SBN sejak lama.  Surat Berharga Negara ini adalah sebuah produk investasi yang berbentuk utang Negara yang terbitkan oleh pemerintah dan dapat kita investasikan. Sederhananya SBN tersebut berbentuk sebuah dokumen yang dipubikasikan oleh pemerintah setiap tahunnya yang digunakan untuk mendanai APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Indonesia). Melalui investasi SBN, tentu memberikan peluang bagi masyarakat untuk dapat berkontribusi dalam pembiayaan pembangunan Negara.


Berikut adalah 3 keuntungan yang kita dapat dengan berinvestasi SBN (Surat Berharga Negara):

1. Memiliki Risiko yang Relatif Rendah

SBN adalah sebuah produk yang diterbitkan oleh pemerintah yang pastinya memiliki keamanan yang terjamin oleh Negara karena terdapat Undang-Undang yang mengatur surat berharga negara maupun Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan adanya jaminan tersebut, investasi dengan SBN memiliki risiko yang rendah dibandingan jika berinvestasi yang lainnya.

2. Pajak SBN Lebih Rendah

Jika berinvestasi melalui deposito pajak yang akan dikenakan sebesar 20%. Sementara SBN yang memiliki pajak yang lebih rendah 5% dari deposito, yaitu 15%. Tentunya 5% sangatlah berarti untuk meningkatkan keuntungan yang akan kalian dapatkan. Dengan demikian, investor yang berinvestasi dengan SBN akan mendapatkan keuntungan yang lebih karena pajaknya yang lebih rendah.

3. Harga Terjangkau, Kompetitif dan Dapat Dicairkan Sebelum Jatuh Tempo

SBN memiliki satuan pembelian yang terjangkau bagi banyak kalangan. Berinvestasi dengan SBN memiliki minimal pembelian mulai dari Rp1 juta. Dengan harga yang terjangkau kalian sudah dapat berinvestasi serta berkontribusi terhadap pembangunan negara. SBN memiliki kupon bunga yang lebih tinggi dari pada deposito dan suku bunga yang digunakan sesuai dengan suku bunga acuan Bank Indonesia yang berlaku. Jika kalian berinvestasi sebesar Rp2 juta, kalian dapat mencarikan dana lebih awal sebesar 50% dari tanggal sebelum jatuh tempo.

Jadi, tertarik untuk berinvestas SBNi? Yuk, tunggu apa lagi! SBN bisa menjadi salah satu pilihan bagi kalian yang berkeinginan memulai berinvestasi karena memiliki keuntungan yang akan dapat kalian raih.