Cara Mengetahui Berita Viral yang Lagi Ngetrend

 

Berita viral adalah salah satu informasi yang banyak dicari untuk saat ini, dengan mengetahui informasi terbaru maka tidak akan ketinggalan berita terbaru mengenai perkembangan soituasi dan kondisi yang ada disekitar kita. Tidak hanya mereka yang suka membaca saja yang mencari tahu berita viral ini, akan tetapi mereka yang memiliki rencana bisnis pun biasanya juga mencarinya.

Berikut ini Cara Mengetahui Berita Viral Yang Lagi Ngetrend

Untuk mencari info viral, Kamu bisa mengunakan beberapa layanan ini. Ada apa saja?

Menggunakan Google Alerts

Ini merupakan layanan pemberitahuan yang akan mengirimkan surel ataupun email, yaitu berupa halaman web atau berita yang terbaru. Biasanya pemberitahuan tersebut dikirim melalui email atau umpan web (web feed), yang dimana dalam hal ini terdapat sebanyak 6 type layanan yaitu seperti News, Blog, Web, Comprehensive, Video dan Group.

Dengan layanan New Alerts dari Google Alerts ini Anda bisa memperoleh 10 konten berita terbaru yang masuk di dalam 10 besar dari hasil pencarian di Google News. 

Kalau untuk layanan Web Alerts, pengguna akan memperoleh halaman web yang masuk pada 20 besar hasil pencarian yang ada di Google Web.

Mengetahui Konten Viral dengan Buzzsumo.com

Selain memakai Google Alert, Anda juga bisa menggunakan Buzzsumo untuk mengetahui berita yang lagi viral di media sosial. Situs tersebut menampilkan kumpulkan beberapa konten berita yang sedang viral, dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Selain itu juga tersedia fitur pro supaya bisa menampilkan konten viral yang lebih lengkap.

Memanfaatkan Facebook untuk Mengetahui Berita Trending

Facebook merupakan media sosial yang saat ini banyak digunakan, ini juga bisa Anda manfaatkan sebagai bahan mencari topik berita yang sedang viral atau trending. 

Anda dapat memanfaakan fitur Graph Explorer yang terdapat di Facebook. Fitur tersebut bisa Anda manfaatkan untuk mencari berita atau topik yang saat ini sedang trending terkait topik yang ingin Anda ketahui.

Untuk memakai fitur Graph Explorer tersebut tentunya cukup mudah, Anda tinggal masuk ke link developer.facebook.com. kemudian ada di halaman pertama situs tersebut, Anda dapat masuk ke opsi “Graph Explorer”. Berikutya Anda dapat memilih “Get Access Token”. Disini Anda dapat mengambil “Page ID” kemudian bisa dimasukkan ke Graph Explorer.

Itulah informasi mengenai cara mendapatkan Info viral, tentunya hal tersebut menjawab pertanyaan Anda. Terlebih kalau Anda merupakan seorang content creator pastinya sangat penting untuk mengetahui itu.