Yuk Cari Tahu, Peran Payment Gateway Dalam Toko Online


Payment gateway merupakan istilah yang cukup asing bagi orang-orang zaman dahulu. Di mana pada waktu tersebut masih cukup banyak orang yang belum kenal tentang toko online. Akan tetapi, pada zaman sekarang, semakin banyak orang yang tahu tentang payment gateway. Nah, untuk Anda yang belum kenal tentang payment gateway serta peran payment gateway untuk bisnis toko online, di artikel ini akan menjelaskan secara sederhana.



Apa Itu? Payment Gateway 

Payment Gateway merupakan suatu sistem otorisasi pembayaran dari pembeli ke pedagang atau penjual. Sistem pembayaran ini umumnya dipakai oleh toko online yang terpercaya. Itu karena untuk aktivasi akun memakai payment gateway tentu memerlukan berbagai syarat khusus yang tak bisa dipenuhi toko online yang sembarangan. Dengan begitu, toko online yang pakai payment gateway sudah dipastikan merupakan toko online yang terpercaya sehingga Anda maupun konsumen lainnya tak perlu khawatir untuk melakukan transaksi dengan toko-toko online tersebut. 


Peran Payment Gateway untuk Toko Online

Toko online yang punya sistem pembayaran payment gateway menguatkan kesan yang terpercaya oleh para konsumen. Tak hanya itu, dengan payment gateway, Anda tak perlu lagi untuk sediakan berbagai rekening dari banyak bank. Payment gateway Indonesia membuat lebih praktis karena toko online cukup punya satu rekening saja. Maka dari itu, payment gateway dapat menerima dana transfer dari bank mana saja serta bisa untuk salurkan ke satu rekening yang toko online miliki. 


Lalu peran payment gateway untuk bisnis toko online lainnya, Anda dapat untuk terima pembayaran lewat kartu kredit, e-wallet, direct debit, hingga bank transfer. Hal yang paling penting adalah payment gateway bisa untuk pastikan transaksi online berjalan dengan aman sehingga informasi konsumen serta kerahasiaan data terjaga. Selain itu, payment gateway bisa untuk memproses ratusan sampai ribuan transaksi dengan waktu yang singkat sekali. 


Penting Dibaca: Cara Membuat Website Perusahaan yang Profesional



Payment gateway umumnya pun dilengkapi dashboard yang membantu di dalam rekonsiliasi penjualan. Misalnya saja pada laporan penjualan, void, detail pelanggan serta refund transaksi. Dengan begitu, Anda tak perlu repot di dalam melakukan proses rekonsiliasi. Bahkan pembeli pun tak perlu untuk lakukan konfirmasi ulang setelah lakukan pembayaran. 


Nah, itulah beberapa peran payment gateway untuk bisnis toko online saat ini. Semoga bermanfaat!